Connect with us

Lampung Barat

AKBP. Tri Suhartanto : “Ops Cempaka Krakatau 2018 Untuk Masyarakat Kita”

Published

on

Hanuang.com – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Lampung Barat (Lambar), beserta instansi terkait dan unsur kamtibmas lainnya menyelenggarakan Operasi Kepolisian Kewilayahan Polres dengan Sandi Operasi *Cempaka Krakatau* 2018.

Kapolres Lambar, AKBP. Tri Suhartanto menjelaskan bahwa, Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 Hari di seluruh wilayah hukum Polres Lampung Barat & Pesisir Barat.

“Operasi Cempaka Krakatau 2018 mengedepankan giat Gakkum yang didukung dengan giat Preventif, Giat Deteksi & Giat Banops dalam rangka memelihara situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Lampung Barat & Pesisir Barat” jelasnya, Senin, (15/10/18).

Adapun Fungsi Satuan Peguas Operasi terbagi menjadi tiga kelompok yakni :

Satgasops 1.
Melaksanakan lidik & pulbaket untuk ungkap kasus kejahatan premanisme dengan tersangka atau pelaku, penadah & barang bukti serta lokasi & waktunya. Menyusun & mempertajam TO serta membuat kirpat manakala terjadi perubahan TO.Mengawasi & menginventarisir Residivis pelaku kejahatan atau premanisme yang masih di lembaga Pemasyarakatan ataupun yang sudah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan.Melaksanakan lidik dan pulbaket terhadap segala aspek yang akan menghambat terhadap pelaksanaan operasi dan masyarakat yang menjadi sasaran pencegahan dan gakkum. Adakan lidik atau pulbaket terhadap dampak pelaksanaan operasi. Membantu satgas gakkum untuk ungkap kasus kejahatan premanisme.

Satgasops 2.
Mengungkap pelaku, jaringan & sita barang bukti kejahatan Premanisme.Sidik tuntas kasus kejahatan premanisme yang sudah menjadi TO. Untuk kasus yang menjadi TO dimana pelakunya yang tertangkap lebih dari 1 & kasusnya lebih dari 1, dilakukan penyidikan sesuai jumlah TKP. Inventarisir & awasi pelaku atau residivis yang akan keluar dari LP maupun yang ada dilingkungan masyarakat. Inventarisir & susun DPB & Barang Temuan untuk diinformasikan kepada masyarakat.

Satgasops 3
Membackup Polsek yang terlibat operasi dengan melaksanakan kegiatan patroli, razia dan penjagaan pada tempat tempat dan waktu rawan kejahatan. Para petugas patroli sabhara dan anggota Polri lainnya bersama sama dengan bhabinkamtibmas agar aktif mengemban tugas binluh secara terus menerus dan terpelihara. Melaksanakan kegiatan razia di jalan dan lokasi atau tempat di Daerah rawan kejahatan bersama satgas Gakkum.Dirikan pos pos polisi (bergerak) didaerah atau tempat tempat rawan kejahatan khususnya yang menjadi sasaran operasi.

Satgasops 4
Memberikan bantuan tehnis sesuai fungsi masing masing. Membantu melaksanakan tertib operasi Kepolisian & pengawasan. (Arya)

 3,003 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Hasil Kesepakatan Bersama, Tahun Ini Salat Ied Berjamaah di Masjid dan di Lapangan Ditiadakan

Published

on

By

Keterangan Foto : Gambar Merupakan Ilustrasi Salat Ied Yang Diambil Dari Google

Hanuang.com – Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Provinsi Lampung disepakati bersama untuk tidak dilakukan secara berjamaah di masjid atau tanah lapang melainkan di rumah masing-masing.

Hal tersebut sesuai kesepakatan bersama antara Gubernur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Rektor UIN Lampung dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Lampung.

Berdasarkan surat ‘Kesepakatan Bersama’ tersebut, menyatakan bahwa Gubernur Lampung, Kementerian Agama Provinsi Lampung, hingga bupati serta wali kota se-Provinsi Lampung, sepakat pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah dilaksanakan di rumah.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, dengan memperhatikan kecenderungan peningkatan pandemi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, diperlukan upaya tegas dan konsisten dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Termasuk dalam pembatasan kegiatan ibadah berjamaah di rumah ibadah dan di tanah lapang.

“Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah tidak dilaksanakan secara berjemaah di masjid atau di tanah lapang. Tetapi masyarakat dapat menunaikan salat Idul Fitri di rumah masing-masing,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada awak media, Senin (26/4/2021).

Kesepakatan tersebut dibuat mengingat salat Idul Fitri hukumnya sunnah, sehingga pelaksanaannya dapat disesuaikan untuk meminimalisir penularan akibat virus COVID-19 yang sangat membahayakan.

Disamping itu, dalam Surat Edaran dengan Nomor 045.2/1604/V.02/2021 Gubernur juga meminta Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung untuk melakukan Pengetatan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisonal, Arus Mudik dan Percepatan Vaksinasi Pada Pelayan Publik. (*)

 5,973 total views,  21 views today

Continue Reading

Lampung Barat

Jaga Kondusifitas, Para Dandim Jajaran Korem 043 Gatam Ikuti Giat Patroli

Published

on

By

Hanuang.com – Letkol Inf. Enrico SN, mengikuti kegiatan patroli bersama para pejabat Dandim sejajaran Korem 043/Garuda Hitam, dalam menjaga kondusifitas wilayah binaan Kodim 0422/Lampung Barat, Sabtu, (10/04/21).

Kegiatan patroli bersama kali ini, sekaligus melakukan kegiatan ajang trail yang diikuti oleh para Dandim sejajaran Korem 043/Gatam, anggota polsek balik bukit, anggota Kodim 0422/LB serta anggota club motor trajang Lambar.

Kegiatan patroli bersama diawali dari KWT Lumbok Seminung sebagai titik start pelaksanaannya, mengarah ke Lumbok Timur, Doseran, Simpang Talang Ujung, Talang Baru, Cendolan, Talang Bambu, Tap, Jambuan, Sungai, rest area Sedampah dan Finish di Makodim 0422 Lampung Barat.

“Kedatangan saya bersama para Dandim sejaran Korem 043/Gatam, ke Kodim 0422/Lambar adalah untuk melakukan patroli wilayah melalui kegiatan trail, hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi keamanan wilayah, di wilayah binaan Kodim 0422/Lambar, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan kegiatan ini” ujarnya.

“Saya pribadi dan atas nama satuan Kodim 0421/LS, mengucapkan terimakasih kepada satuan Kodim 0422/Lambar serta aparat kepolisian dan club trajang motor lambar, yang telah memfasilitasi semua jalannya kegiatan ini” tutupnya. (*)

 1,020 total views,  11 views today

Continue Reading

Lampung Barat

Cegah COVID-19, Dishub Lamsel Gelar Spraying Disinfektan Di Jati Agung

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, melalui Gugus Tugas Covid 19 yang dikomandoi Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, kembali melakukan kegiatan terpadu pencegahan penyebaran virus corona.

Kali ini, kegiatan dilakukan di Jalan Raya Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, pada Kamis (9/4/2020). Langkah itu sebagai antisipasi lanjutan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus korona di daerah setempat.

Seperti sebelumnya, Tim Gugus Tugas Covid 19 dibantu Satlantas Polres Lampung Selatan, Puskemas Jati Agung, Polsek dan Koramil Jati Agung, serta Kecamatan Jati Agung melakukan spraying (penyemprotan) terhadap kendaraan yang melintas di jalan tersebut.

Kepala Dishub Lampung Selatan, Mulyadi Saleh mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona sesuai dengan tupoksi Dinas Perhubungan. Sasarannya di jalan raya yang menghubungan Kabupaten Lampung Selatan dengan daerah lainnya.

“Ini kegiatan ketiga yang dilakukan Tim Covid 19 bersamaTim Gugus Tugas Kecamatan. Kita pilih jalan raya ruas Karang Anyar ini karena memang jalan ini banyak dilintasi pengendara dari arah Metro menuju Bandar Lampung dan sebaliknya,” ujar Mulyadi.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, Tim Covid 19 Kabupaten Lampung Selatan juga membagikan masker gratis dan air mineral kepada pengemudi dan penumpang yang melintas.

Mulyadi menyatakan, kegiatan itu juga sekaligus sebagai upaya sosialisasi terhadap masyarakat untuk selalu mengunakan masker ketika keluar rumah untuk meminimalisir penyebaran virus korona.

“Selain masker, kita juga membagikan air mineral. Ini sebagai bentuk edukasi supaya membiasakan pola hidup sehat dan mejaga kebersihan sesuai anjuran kesehatan,” katanya.

Disamping itu, Mulyadi tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk menunda berpergian apabila tidak sangat penting. Dia juga meminta masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebatan virus Covid 19. (Arya/Aziz)

 5,451 total views,  11 views today

Continue Reading

Trending Topic