Connect with us

Bandar Lampung

41,6 Kg Sabu Yang Dikendalikan Napi Di Rutan Way Huwi Berhasil Digagalkan BNN Lampung

Published

on

Hanuang.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung, berhasil menggagalkan Penyelundupan barang haram jenis sabu-sabu sebanyak 41,6 Kg.

Menurut Brigjen Pol. Erry Nursatary, selaku Kepala BNNP Lampung, menjelaskan bahwa pengungkapan tersebut pada Rabu, (04/12) lalu, berawal dari laporan dari masyarakat.

Dirinya juga menjelaskan bahwa para pelaku merupakan sindikat jaringan Internasional.

“Penangkapan berawal dari adanya laporan masyarakat, tentang akan adanya transaksi serah terima narkoba jenis sabu dari Aceh ke Bandar Lampung” bebernya, Selasa, (10/12/19).

“Selanjutnya Tim Intel melakukan penyelidikan secara lT dan Human, sehingga menemukan rumah dan profil target kurir penerima yang bernama Suhendra Alias Midun, kemudian tim 1 membuntuti dari daerah Teluk Betung sedangkan Tim 2 Stand By disekitar Rumah Sakit Advent Bandar Lampung, Ketika Kurir Pengantar tiba di Parkiran RS Abdul Muluk. Tersangka membawa Kendaraan Jenis Toyota Fortuner warna putih nopol B 1753 WLR beserta dengan kuncinya, berikut Barang Bukti yang ada didalam kendaraan tersebut,” bebernya.

“Kemudian Tim 2 mengamankan Kurir penerima barang yang mencoba melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki pelaku, dimana sebelumnya petugas telah memberikan tembakan peringatan yang tak diindahkan oleh pelaku” jelasnya.

Saat dilakukan penggeledahan terhadap kendaraan mobil Fortuner dan disaksikan oleh tersangka, ditemukan dari dalam kendaraan tersebut 40 bungkus teh Cina berwarna hijau berisi Narkotika jenis sabu. Kemudian Tim melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan pengendali dari dalam Rutan Way Huwi sebanyak 3 orang yaitu Sdr. Jefri, Sdr. Hatami, dan Sdr. Supriyadi, berikut barang bukti Handphone sebanyak 3 unit untuk diperiksa lebih lanjut.

Dalam perjalanan ke Kantor, Tersangka tahanan Rutan mencoba kabur sehingga petugas terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur yang mengenai kaki ketiga tersangka.

Selain itu, perjalanan tim dari Lapas, di mobil tim 2, Kurir pengirim mencoba melawan dan melarikan diri sehingga petugas mengejar dan memberikan tembakan peringatan akan tetapi tidak diindahkan, sehingga petugas terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur ke arah tersangka. Petugas membawa tersangka ke RS akan tetapi sampai di RS Tersangka kehabisan darah sehingga tidak dapat diselamatkan (Meninggal Dunia_red).

Berdasarkan keterangan tersangka Jefri Susandi, Narkotika diperoleh dari sdr. Muntasir (DPO). Kemudian Tim BNNP Lampung bersama Tim Tindak Kejar BNN RI bergerak melakukan pengembangan ke Provinsi Aceh.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun. Dari hasil penangkapan jaringan narkotika dan pengembangan hingga ke Provinsi Aceh, BNNP Lampung berhasil mengamankan 6 tersangka (1 meninggal) dan 41,6 Kg sabu, dan 4 unit kendaraan roda 4, sertifikat tanah, perhiasan, dan beberapa buku tabungan. (*)

 5,150 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Sinergi Dengan Kemenkumham, LKBH-SPSI Lampung Gelar Pelatihan Paralegal

Published

on

By

Hanuang.com – LKBH-SPSI Lampung mengadakan pelatihan Paralegal, pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh M. Ridwan S.H. selaku Direktur LKBH-SPSI Lampung, Sabtu, (23/10/21).

Hadir dalam giat tersebut, Samsabastian selaku Kepala bidang Paralegal, M. Imron Suhada, S.H.,M.H. selaku Sekertaris LKBH-SPSI Lampung, dan Ahmad Julian, S.H. selaku Direktur LKBH periode 2018-2020 sekaligus pemateri dalam pelatihan tersebut.

M. Ridwan, S.H, menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta dalam pelatihan tersebut.

“Kegiatan ini cukup strategis karena nanti Insya Allah dapat saling memberi manfaat baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat luas” ujarnya.

“Dan kami berharap mudah-mudahan dengan diadakannya Pelatihan Paralegal ini dapat menghasilkan paralegal yang siap terjun ke lapangan karena materi yang diberikan bukan hanya materi pengetahuan saja tetapi para peserta juga akan diminta aktif melakukan simulasi bagaimana mendampingi klien, bagaimana merumuskan dokumen hukum yang dapat bermanfaat di lapangan” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa paralegal tidak terbatas sarjana hukum saja, tetapi siapapun yang memiliki pengetahuan bisa menjadi paralegal dan bisa mendampingi masyarakat yang terkena masalah hukum nantinya.

Diketahui bahwa pelatihan paralegal ini merupakan upaya LKBH-SPSI Lampung untuk mendukung Program Pemerintah khususnya Kementerian Hukum dan HAM dalam melindungi dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, sesuai amanah UU No. 16 Tahun 2011.

karena kehadiran Paralegal sangat penting bagi masyarakat sekitar terutama dalam melakukan pendampingan bagi para korban yang bersifat litigasi maupun non litigasi.

Dalam praktik pembelaan maupun pendampingan yang dilakukan oleh Organisasi bantuan hukum terdapat beberapa kendala salah satunya adalah sumber daya manusia, karena itu melalui pelatihan ini ia berharap dapat menumbuhkan banyak paralegal antar lintas Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang ada di Lampung sehingga dapat bersinergi bersama mengatasi permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat.

Lanjut disampaikan, bahwa dalam mewujudkan akses bantuan hukum serta peningkatan kesadaran hukum masyarakat khususnya di Provinsi Lampung, maka LKBH-SPSI Lampung merasa perlu dilakukan langkah nyata berupa penyediaan sumber daya pemberi bantuan hukum salah satunya dengan melakukan pelatihan paralegal.

“kami sebagai Organisasi Bantuan Hukum siap memberikan Pelayanan dan bantuan hukum seluas-luasnya, khususnya masyarakat yang kurang mampu untuk mencari keadilan dan kesetaraan dimuka hukum” tutupnya.

 174 total views,  113 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Gelar Peletakan Batu Pertama, Ahmad Bastian : ‘Ini Adalah Bangunan Untuk Membangun Peradaban’

Published

on

By

Hanuang.com – Bertepatan dengan momen hari kemerdekaan indonesia, Panitia Pembangunan Sekretariat Permanen HMI Komisariat Tarbiyah melaksanakan acara Peletakan Batu pertama di lokasi pembangunan, Sukarame Bandar Lampung, Selasa Pagi, (17/08/21).

Acara ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat dihadiri oleh Alumni, dan Kader HMI Komisariat Tarbiyah dan Ketua HMI Cabang Bandar Lampung.

Kanda Aprino selaku Ketua Pantia Pembangunan didalam sambutannya, mengatakan pembangunan Komisariat Pembangunan Merupakan cita-cita dari Alumni dan Kader aktif untuk mempermudah Proses Kaderisasi.

“Konsep Pembangunan Sekretariat Pemanen ini tak lain tak bukan untuk mempermudah proses Kaderisasi yang pada hakikatnya Komisariat merupakan jantung dari kaderisasi HMI, dan merupakan cita-cita dari Alumni dan Kader Aktif” ujar Kanda Apri.

selanjutnya Ketua Umum HMI Cabang Bandar Lampung M. Rizki Alsafar mengapresiasi Pembangunan Komisariat Permanen Komisariat Tarbiyah, menurutnya Komisairat Tarbiyah merupakan Role Model bagi Komisariat lainnya dibawah Naungan HMI Cabang Bandar Lampung.

Dikesempatan yang sama, Alumni HMI Komisariat Tarbiyah yg sekaligus Anggota DPD RI Kanda Ahmad Bastian Sy menyampaikan jika dilihat kebelakang Grup pembangunan dibentuk pada tanggal 1 Juni 2018, 3 tahun lebih Perjalanan wacana pembangunan komisariat Permanen, menurutnya karena dijaga semangat itu, tepat 17 Agustus 2021 pembangunan ini secara resmi dimulai.

“Jika dilihat sejarahnya, Grup Pembangunan Komisariat Permanen sudah berjalan 3 tahun tepat 1 Juni 2018, dalam perjalanannya, Alhamdulillah karena dirawat dan dijaga semangat ini, tepat 17 Agustus 2021 secara resmi Pembangunan Komisariat dimulai” Ujar Kanda Bastian.

lanjut Kanda Bastian, Bangunan ini yg kelak menjadi gedung untuk membangun peradaban kader HMI dan Kader Bangsa serta Kader Umat, karena menurutnya Gedung harus menjadi kawah candradimuka untuk mempertebal iman untuk membangun peradaban tersebut.

“besarharapan kita semua, Bangunan ini yg kelak menjadi Gedung ini harus menjadi kawah candradimuka untuk mepertebal iman untuk membangun peradaban Kader HMI, Kader Bangsa, dan Kader Umat” Harapnya. (*)

 6,386 total views,  113 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Polda Lampung Salurkan Oksigen Gratis Bagi Pasien Isoman

Published

on

By

Hanuang.com – Polda Lampung menyalurkan bantuan oksigen gratis untuk masyarakat yang sedang membutuhkan atau sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Penyaluran oksigen gratis untuk masyarakat itu secara simbolis diserahkan oleh Kapolda Lampung Irjenpol Hendro Sugiatno di lokasi Gerai Oksigen Presisi Polda Lampung yang berada di lokasi perusahaan Lampung Gas di Desa Candimas, Kecamatan Natar, Jum’at 6 Agustus 2021.

Bantuan liquid oxygen dalam bentuk CSR itu merupakan kerjasama PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan Polda Lampung untuk penanganan Covid-19.

Penyerahan bantuan oksigen gratis itu turut disaksikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Dirut PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman dan pihak-pihak terkait.

Tak hanya itu, turut dihadiri juga Sekda Lampung Selatan Thamrin, Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontana dan Kabag Ops Kompol Oscar Eka Putra.

Kapolda Irjenpol Hendro Sugiatno menyatakan, bantuan oksigen gratis untuk masyarakat dari PT Pupuk Indonesia (persero) itu seberat total 15 ton atau untuk 1.500 tabung. Dan bantuan itu bisa langsung didistribusikan hari ini.

“Ini diprioritaskan untuk masyarakat yang sedang menjalani isoman. Kalau pun ada RS yang membutuhkan untuk kepentingan pasien, tetap akan dibantu. Dan Ini gratis,” tegasnya.

Jendral polisi berpangkat bintang dua itu pun menyampaikan, bantuan oksigen gratis itu untuk seluruh masyarakat di Provinsi Lampung. Syarat untuk mendapatkan bantuan oksigen itu yakni KTP, surat keterangan sedang menjalani isoman dan nomor telepon. Sedangkan untuk RS, pihak RS harus menyertakan surat keterangan sedang membutuhkan oksigen untuk pasien.

“Jadi, masyarakat membawa tabung kosong. Setelah dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan persyaratan, selanjutnya langsung diisi oleh petugas,” kata Hendro.

Kapolda pun menjelaskan, pihaknya sejauh ini telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk penanganan Covid-19 itu. Diantaranya, kegiatan vaksinasi massal, penyaluran sembako, pembentukan (gerdu peduli) berupa dapur umum yang menyediakan 600 bungkus/kotak nasi dan gerai oksigen presisi Polda Lampung gratis.

“Kami juga membuka diri, bagi pihak-pihak atau para donatur yang ingin membantu, kita siap untuk menyalurkan bantuan itu. Untuk kegiatan hari ini, kami mengucapkan terima kasih,” kata Dia.

 7,540 total views,  111 views today

Continue Reading

Trending Topic